Jumat, 07 Januari 2011

yang unik mengenai dunia Kapal Selam (bukan pempek ya :D)


Sebenarnya artikel ini juga bisa masuk ke forum sejarah, tapi gw post di sini dulu ya, soalnya rada unik sih. hv fun.

[imagetag] -kapal selam canggih USS Seawolf (ilustrasi)

Sedikit fakta tentang kapal selam:

John Philip Holland membuat beberapa kapal selam sebelum USS Holland, yang menjadi perangkat bawah air pertama yang diresmikan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat. USS Holland dibeli pada 11 April 1900 seharga USD 150,000. Saat ini, kapal selam tenaga nuklir menelan biaya USD 30,000,000 tidak termasuk pembangkit listrik (power plant) nya.

Kapal pertama yang tercatat melakukan pelayaran bawah air dibuat pada tahun 1620 oleh seorang Belanda, Cornelius Van Drebbel, dan dikatakan mengembangkan sejenis zat kimia yang dapat memurnikan udara dan memungkinkan awak kapal untuk tetap berada dibawah air dalam waktu yang terbatas.

Penguasa Macedonia, tokoh besar Alexander the Great, adalah orang pertama yang tercatat untuk menyelam ke dalam laut menggunakan sejenis kapal.

Lebih dari 300 tahun yang lalu, seorang peramal Inggris, Mother Shipton meramalkan adanya kapal selam dalam tulisan "manusia akan berjalan, berkendara, tidur dan berbicara di bawah air".

Catatan mengenai usaha memanfaatkan kapal selam sebagai alat perang sudah terdapat di sejarah kuno, saat Herodotus (460 SM), Aristoteles (332 SM), Pliny (77) menyatakan usaha mereka untuk membuat kapal selam.

Ketertarikan akan dunia kapal selam juga sampai pada para pejabat kerajaan dan presiden. Raja Inggris, Raja dan Ratu Spanyol tercatat pernah melakukan perjalanan dalam kapal selam. Presiden Amerika Serikat, Teddy Roosevelt setelah melakukan perjalanan dengan kapal selam pada masanya, memerintahkan penambahan kompensasi untuk mereka yang bertugas. Presiden Amerika Serikat lainnya, Harry Trauman merasakan penyelaman sedalam 440 kaki dalam kapal selam Jerman yang disita oleh sekutu. Presiden Eisenhower juga dari Amerika adalah pimpinan tertinggi pertama yang merasakan perjalanan dalam kapal selam tenaga nukir, ia menumpangi USS Seawolf di Newport, Rhode Island pada 26 September 1957

Secara statistik, kapal selam dianggap senjata paling ekonomis suatu negara. Personil kapal selam hanyalah 1.6% dari keseluruhan personil angkatan laut pada masa perang dunia 2, dan bertanggung jawab atas tenggelamnya 55% kapal musuh.

Penemu besar, Leonardi da Vinci, mengembangkan rencana untuk kapal perang bawah laut tapi kemudian merahasiakan, karena khawatir penemuannya akan menyebabkan perang yang semakin mengerikan.

Beberapa catatan mengenai kapal selam yang 'tertangkap' oleh kapal ikan, seperti USS Nautilus, kapal selam tenaga nuklir pertama di dunia, tersangkut jala ikan dan menarik kapal ikan sejauh beberapa mil.

Sebuah gereja di Kyoto, Jepang menggunakan bel dari kapal selam sebelum kebaktian. Bel tersebut berasal dari kapal selam USS Ray, dibeli oleh gereja tersebut dan dikirim ke Yokosuka, Jepang oleh kapal selam lain, USS Ronquil.

Untuk kebutuhan hiburan dalam kapal selam Amerika Serikat menyediakan film, televisi, mesin es krim dan perangkat musik stereo. Di kapal selam USS Seawolf, bahkan memiliki organ listrik. Beberapa catatan menunjukkan adanya pertandingan tinju, juga pernah terjadi awak kapal melakukan kontes layangan saat kapal bersandar.

Kapal selam modern berlayar lebih cepat di bawah air dibanding saat berada di permukaan, dan dapat menyelam dalam waktu kurang dari satu menit.

Robert Fulton, penemu kapal uap adalah seorang penggemar kapal selam. Ia membuat beberapa kapal perang yang dapat menyelam, dan salah satunya dinamakan Nautilis.

Persiapan menyelam di sebuah kapal selam modern memerlukan lebih dari 225 pemeriksaan individu maupun operasional yang dilakukan oleh para awak.

Sebelum perang saudara (Amerika), kapal selam tidak diakui sebagai alat perang resmi.

Hanya sebagian kecil anggota angkatan laut yang diterima sebagai awal kapal selam. Sebelum diikut sertakan dalam pelatihan, para relawan perlu melewati penyaringan fisik dan psikologis yang sangat melelahkan. Mereka yang lolos kemudian mengikuti training di sekolah Kapal Selam di New London dan diatas kapal selam yang sedang beroperasi. Lulus dari sekolah tersebut dan setelah bertugas di lapangan, akan diberikan pin yang disebut Dolphin.

Kapal selam modern bertenaga diesel dan nuklir dilengkapi oleh alat 'nafas' yang disebut snorkel yang memungkinkan kapal selam untuk mendapatkan udara segar dari permukaan, walaupun sedang menyelam.

Clara Barton, pendiri palang merah Amerika, tercatat sebagai wanita pertama yang ikut menyelam dalam kapal selam.

Hingga saat ini, berbagai cara ditemukan untuk menggerakkan kapal selam, menggunakan mobil, layar, perangkat kayuh dengan tangan, roda gigi, per, uap, mesin bertenaga kimia, udara bertekanan tinggi, gas, motor listik dan tenaga nulir.

Sebuah kapal selam yang menyelam sampai kedalamam 100 feet dapat terlihat dari udara, asalkan kapal tersebut menyelam di laut yang bersih.

Robert Whithead pada 1868 menemukan torpedo yang namanya berasal dari belut torpedo electricus.

Lambang dari kesatuan Kapal Selam Angkatan Laut Amerika Serikat adalah sebuah kapal selam yang dengan dua ekor lumba-lumba. Mamalia tersebut adalah simbol tradisional dari Poseidon, dewa laut Yunani dan dipercaya sebagai teman para pelaut, dan melambangkan juga kondisi laut yang tenang.

Kapal selam pertama yang tercatat menenggelamkan kapal musuh dalam kondisi pertang adalah CSS Hunley, dibuat pada masa perang saudara. Kapal fregat milik Union, Housatonic yang terlibat dalam blokade di daerah Charleston adalah korbannya. Insiden ini terjadi pada 17 Febuari, 1864.

Kapal selam Amerika Serikat awalnya diambil dari nama ikan dan mahluk laut lainnya. Pengecualian untuk kapal selam pertama yang bernama Holland, yang mengabadikan nama penemunya John Philip Holland. Saat ini, kapal selam misil balistik (SSBN) dinamakan dengan pahlawan Amerika terkenal, kemudian pada kelas terbaru, yaitu OHIO dinamakan berdasarkan negara bagian. Kapal selam serang (SSN) cepat Kelas LOS ANGELES dinamakan berdasarkan kota di Amerika Serikat.

Rekor kapal musuh yang ditenggelamkan oleh kapal selam Amerika Serikat pada masa Perang Dunia 2 dipegang oleh dua kapal yang dibuat oleh Electric Boat, yaitu USS Flasher menenggelamkan 100,231 ton kapal Jepang, sedangkan USS Tautog memegang rekor menenggelamkan jumlah kapal terbanyak yaitu 26.

Bila dihitung per kubik inci, sebuah kapal selam mengandung lebih banyak ilmu pengetahuan yang dibutuhkan dibanding dengan kapal perang lain. Bahkan para awak mengatakan, "tersedia ruang untuk segalanya dalam sebuah kapal selam kecuali kesalahan".

Pada tahun 1921, kapal selam Amerika Serikat bernama R-14 kehabisan bahan bakar di tengah laut, awaknya menggunakan selimut, kantong tidur, pipa dari senjata 3" melakukan pelayaran 100mil dan berlabuh dengan kecepatan 2knots.

Penghargaan yang diberikan per orang awak paling banyak diterima oleh mereka yang bertugas di divisi kapal selam daripada bagian lainnya di Angkatan Laut.

Dalam kapal selam modern, kelayakan tinggal sangat ditekankan. Tema warna, kenyamanan mekanis, AC dan makanan terbaik di angkatan laut diberikan untuk hal ini. Divisi Electric Boat (perusahaan pembuat kapal selam) bahwa mempekerjakan staf yang khusus menangani masalah 'teknik manusia' (human engineering).

Umumnya, sebuah kapal selam modern memerlukan 2,000 gambar teknis untuk lebih dari 7,000,000 jenis barang yang digunakan untuk pembangunan. Cetak biru dari gambar ini bila dijajar akan memiliki panjang sekitar 250mil.

Periskop pertama yang digunakan oleh angkatan laut Amerika Serikat sebenarnya bukan dibuat untuk kapal selam. Kapal besi (ironclad) OSAGE memanfaatkan alat ini untuk menemukan kavaleri pihak Confederate yang bersembunyi di pinggiran sungai Red River, Arkansas.

anehdanlucu 07 Oct, 2011


www.isugosip.blogspot.com

Label

AA Gym Acha Septriasa Ade Nurul Adelia Adhee Wendhy Adhitya Putri Adinda Bakrie Adinia Wirasti AdSense Agnes Monica Agni Pratistha Ahmad Dhani Aida Saskia Ajeng Inez Nugroho Ajeng Kamaratih Alice Norin Aline Tumbuan Aliya Sachi Allannys Weber Alyssa Soebandono Amel Aming Ananda Mikola Andy Soraya Angel Lelga Angelina Sondakh Angeliq Anggun Anissa Pohan Anita Hara Anna Dearhart Anne J Cotto Anniversary Anya Dwinov Ardilla Erneste Ardina Rasti Ariel Peterpan Arumi Buchin Aryani Fitriana Asmirandah Astrid Artiasari Atiqah Hasiholan Aura Kasih Ausia Marvella Ayu Anjani Ayu Azhari Ayu Garasi Ayu Oktasari Ayu Ting Ting Ayudia Bing Slamet AYusitha Baby Margaretha Baim Wong Bali Bella Shaphira Berita Hot big brother Btari Karlinda Bunga Citra Lestari Bunga Zainal Carissa Puteri Carissa Putri Catatan si Boy Catherine Wilson Cathy Sharon Chacha Marisa Chantal Della Concetta Chantal Dewi Hehuwat Chantika Ramona Felder Charly ST12 Cheche Kirani Chef Juna Chelsea Olivia Wijaya Cherry Belle Cheverly Amalia Chika Christina Santika Cici Paramida Cinta Laura Citibank Clara Adheline Supit Community Connie Constantia Cornelia Agatha Curhat Cut Memey Cut Tari Cynthia Lamusu Cynthiara Alona Dahsyat Dara Davina Veronica Debby Sahertian Deby Ayu Demian Denada Tambunan Derbi Romero Deriell Jacqueline Desi Florita Desi Novitasari Dewi Aida Dewi Dewi Dewi Persik Dewi Sandra Dewinta Bahar Dhea Imut Dhini Aminarti Diah Permatasari Dian Sastro Diana Pungky Dinda Kanya Dinda Kirana DJ Milinka Dominique Agisca Diyose Dwi Andhika Dwi Putrantiwi Efek Rumah Kaca Elsa Krasova Emma Kurnia Emma Purnama Emma Warokka Endhita Enno Lerian Enny Beatrice Eno Netral Eva Ajeng Permana Eva Arnaz Eva Asmarani Eva Celia Latjuba Facebook Fahrani Fake Chika Farah Quinn Febby Caroline Feby Febiola FFI 2008 Fifi Buntaran Fitri Fitria Rachmadhina Five Minutes Band Five-V Rahmawati Fiza Fla Tofu Fransoa Gemala Hanafiah Girindra Kara Gita Gutawa Gita Sinaga Gosip Artis Guest Star Hair Happy Salma Humor Ihsan Idol Imaniar Imey Indah Kalalo Indovision Indy Rahmawati Inez Tagor Inneke Koesherawati Intan Erlita Intan Nuraini Intan RJ Inul Daratista Irfan Bachdim Jennifer Dunn Jenny Chang Jessica Iskandar Jill Gladys Joana Alexandra Joanna Alexandra Jodi Ann Paterson Joko Anwar Julia Perez Julia Roberts Julie Estelle KapanLagi.com Kerenina Sunny Halim Keyla Anea Kiki Amalia Kiki Fatmala Kiki Pritasari Kiki Widyasari Kimberly Ryder Kinaryosih Kirana Larasati Koleksi Foto celebrities Indonesia KPK Krisdayanti Kristina Ladya Cheryl Lakon Lala Laudya Cinthya Bella Laura Basuki Laura Muljadi Linda Aditya Lola Amaria Louisa Kusnandar Love Story Lucyana Milinka Luna Maya Lutfiana Ulfa Lyra Virna Magdalena Maia Ahmad Maissy Pramaisshela Manik Wiratamidjaja Manohara Odelia Pinot Marcella Zalianty Maria Eva Maria Ozawa Mariana Renata Marissa Haque Mark Lewis Marlin Taroreh Marsha Timoty Marshanda Masayu Anastasia Maureen Mayangsari Maylaffayza Wiguna Mbah Surip Melina Melinda Melly Zamri Melvy Noviza Men Magazines Mentari Merantau Merry Putrian Meutya Hafid Mey Chan Michael Jackson Mieke Amalia Mikha Tambayong Mita Miyabi Model Momo Geisha Monica Oemardi Movies Mulan Jameela Mulan Kwok Music Nabila Syakieb Nadia Nadia Rachel Nadia Saphira Nadia Vega Nadila Nadine Chandrawinata Nafa Urbach Natalie Foxy Naughty Naysilla Mirdad Nia Ramadhani Nicholas Saputra Nike Ardilla Nikita Willy Nimas Dewantary Nindy Nira Amartha Nita Talia Noni Annisa Ramadhani (Donita) Nova Eliza Novie Amalia Nyomi Marcella Obama Oka Antara Olga Lydia Olla Ramlan Pandji Paramitha Rusady Pasha Ungu Patricia Oktavia Pevita Eileen Pearce Pingkan Mambo POLRI Poppy Bunga Poster Prita Laura Profil Seleb Project Pop Puput Melati Putri Penelope Putri Raemawasti Putri Titian Asih Rachel Rachel Maryam Raditya Dika Raffi Ahmad Rahma Azhari Raline Shah Ramadhan Rani Juliani Rara Wiritanaya Ratna Galih Ratna Listy Ratu Felisha Rebecca Red Carpet Rene Revalina S. Temat Reynavenzka Rianti Cartwright Rieke Indrianty Rika Tolentino Kato Rin Sakuragi Rini Idol Wulandari Ririn Dumin Ririn Dwi Ariyanti Ririn Marinka Risty Tagor Rossa Sabai Morscheck Sabria Kono Sandra Dewi Sandra Olga Sania Sara Louisa Sarah Azhari Saykoji Scandals Senk Lotta Shandy Aulia Shanty Sheila Marcia Sherina Munaf Sheza Idris Shimah Shinta Shireen Sungkar Shopia Latjuba Sigi Wimala Sinta and Jojo Sisca Adrian Sissy Priscilla Siti Anizah Slamet Rahardjo SMASH SNSD Social Networking Soraya Hylmi Stachy Lubis Stevani Nepa Suster Ngesot Syahrini Syahrini. Krisdayanti Taffana Dewi Tamara Bleszynski Tania Putri Tasya Tera Patrick Terry Luana Irmalia Terry Putri Tessa Kaunang Tessa Mariska Thalita Latief The Master The Police The raid The Virgin Thefanie Florina Tia Azhari Tiara Lestari TiaTanaka Tika Putri Tips Titi Kamal Titi Sjuman Tony Blank Tora Sudiro Tracy Trinta Trio Macan Twitter Artis Tya Aristya Tyas Mirasih Uli Auliani Ussy Sulistiawaty Vanessa Vega Darwanthy Velove Vexia Kaligis Vena Melinda Victoria Tjong Video Vienna Lopez Vina Panduwinata Vira Yuniar Virnie Ismail Vivian Alamsyah VJ Cathy VJ Daniel VJ Franda VJ Marissa Web dan Teknologi Widy Soediro Nichlany Widya Willy Dozan Wiwid Gunawan Wulan Guritno Yana Aprilia Yasmine Leeds Wildblood Yeyen Lidya Yoviana Yuanita Yulia Rachman Yuni Shara Zaskia Adya Mecca Zivanna Letisha Siregar
 

isu Gosip Powered by Blogger