![[imagetag]](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjUnDST484KgpHQYtr12nW-J22JfLmhyz7d-q1nWndijbHfMTJNECyu3imFKDCtGyw4PhwWmf5T9Hmbfub6os4yj8WJcQhNOylFr7QzXmtZJUIiRm1itqacuidollGBxA0FFTJHIffT_qL-/s1600/Laris+Di+Asia,+KIA+Malah+Fokus+Ke+Eropa.jpg)
(Foto: All New KIA Picanto)
Repoter: Aldhi Saputro
- Laris Di Asia, KIA Malah Fokus Ke Eropa | Penjualan KIA di Indonesia terus meningkat, seiring pergerakan industri otomotif di Tanah Air yang positif. Produsen otomotif asal Korea Selatan itu sendiri secara total meraih 16.731 unit atau 7.060 unit hingga Juni lalu. Angka tersebut meningkat 195 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.
Oleh karenanya, posisi KIA kini berada di peringkat ke-9 di bawah Isuzu dan di atas Ford yang mencatatkan 5.098 unit. KIA All New Picanto menjadi penyumbang terbesar dengan 4.043 unit, diikuti KIA New Rio sebanyak 1.708 unit, dan Sportage sebanyak 866 unit.
Namun kondisi ini berbanding terbalik dalam hal fokus penjualan pihak prinsipal KIA. Konsentrasi pasar mereka sebenarnya lebih ke Eropa dibanding Asia.
Hal ini pula yang menurut Ridjal Mulyadi, Marcomm Manager PT Kia Mobil Indonesia (KMI), menyebabkan pasokan barang untuk bahan perakitan di Indonesia tergantung pengiriman dari produsen yang berpusat di Korea Selatan. Kondisi ini mempengaruhi distribusi barang untuk pemesanan di daerah-daerah.
Meski demikian, KIA Mobil Indonesia mematok target penjualan 2012 tinggi hingga 100 persen atau lebih dari 20.000 unit dari tahun sebelumnya yang hanya 9.081 unit. "Jika industri tumbuh bagus, kami yakin tahun ini dapat mencapai target," ungkapnya.
Rasa yakin ini terbentuk seiring dengan keluarnya tiga produk baru 'facelift' pada tahun lalu. Dimulai dari All New Sportage pada bulan Mei, All New Picanto pada bulan Juli, dan All New Riopada Desember lalu. "Tiga model sekaligus pada 2011 lalu menunjukkan bagaimana agresivitas Kia global dalam membidik pasar," tambahnya.
Edukasi terhadap konsumen pun masih menjadi pertimbangan. Contohnya, Kia beberapa waktu lalu menyelenggarakan rangkaian tes untuk konsumen dengan tajuk Test Drive Kia on Tour 2012.
Perhelatan ini diselenggarakan di delapan kota besar dengan tujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mencoba, merasakan kendaraan-kendaraan KIA terbaru. Delapan kota tersebut antara lain Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan, Jakarta, dan Manado.
www.isugosip.blogspot.com