KOMPAS.com - Memiliki posisi tinggi dan terpandang di sebuah perusahaan kecantikan rambut terkemuka, PT Makarizo Indonesia, ternyata tak membuat Shierly Nangoy lantas keenakan dan menetap di zona nyamannya. Setelah 13 tahun bekerja di perusahaan tersebut dan menjadi seorang general manager, Shierly justru memutuskan untuk hengkang dari perusahaan.
"Senang rasanya bisa memberi kontribusi besar pada perusahaan, namun setiap orang membutuhkan tantangan baru untuk membuatnya lebih kreatif dan menjadi berkat untuk lebih banyak orang," ungkap Shierly saat ditemui Kompas Female di kantornya di bilangan Cempaka Mas, Jakarta, beberapa waktu lalu. Baginya, zona nyaman adalah posisi yang sangat berbahaya dan mengancam kreativitas seseorang. Otak pun menjadi stuck.
Membuat produk di Italia
Kembali ke dunia kecantikan, tak serta-merta membuatnya melupakan perkebunannya begitu saja. Enam bulan lalu, perempuan kelahiran Manado, 14 Agustus 1970 ini kembali mengembangkan bisnis dengan membuat anak perusahaan, Sinergia Beaute Indonesia, yang meluncurkan berbagai produk perawatan rambut. Melalui dua dunia yang berbeda, ia justru memiliki ide untuk menggabungkan keduanya.
"Sekarang ini, orang sedang tergila-gila dengan perawatan yang berbau alami. Maka saya memutuskan untuk membuat produk perawatan rambut dengan bahan alami dari kebun yang saya miliki," katanya. Misalnya, menggabungkan ekstrak bambu, kacang almond, lidah buaya, buah naga, atau pekak, dalam berbagai produk sampo, kondisioner, dan krim nutrisi rambut.
Untuk mendapatkan hasil produk yang maksimal, ia bekerjasama dengan sebuah pabrik dan laboratorium di Italia untuk membuat formulasi produknya. Shierly memilih untuk memformulasikan produk di Italia karena negara ini dianggap memiliki teknologi yang lebih modern, ramah lingkungan karena menggunakan sinar matahari sebagai bahan bakar, bersih, dan lebih teliti dalam pembuatannya.
Kini, Sinergia Beaute Indonesia sudah memiliki tiga produk perawatan rambut alami, yaitu Il Vasto Colours, Terra Diverde (krim penutrisi rambut), dan Sleek et Lisse (untuk pengeritingan dan pelurusan rambut). Produk-produk yang dibuatnya ini memang dikhususkan sebagai produk salon, kecuali Terra Diverde yang bisa digunakan sendiri di rumah.
Produk Sinergia Beaute Indonesia saat ini sudah didistribusikan ke seluruh daerah di Indonesia, dan menjangkau target market salon kelas B atau kelas menengah. Ini dilakukan agar masyarakat kelas menengah ke bawah juga bisa menikmati berbagai perawatan di salon dengan harga terjangkau dan hasil yang maksimal.
Inovasinya tak berhenti sampai di sini saja. Ketika ditanya tentang target bisnis selanjutnya, Shierly mengaku belum punya rencana khusus.
"Saya belum punya target apa pun dalam waktu dekat karena saya bukan orang yang ambisius mau punya banyak bisnis sekaligus. Fokus saja pada hal yang dilakukan sekarang, setelah mapan baru berpikir yang lain. Pikiran bercabang karena ingin punya bisnis sekaligus banyak justru akan menghancurkan Anda," tukasnya.
Baca: Shierly Nangoy: Tak Ingin Terjebak Zona Nyaman (Bagian I)
Editor :
Dini
http://female.kompas.com/read/xml/2013/04/22/21122669/Shierly.NangoyTak.Ingin.Terjebak.Zona.Nyaman...Bagian.II